Blue Fire Pointer

Sub Menun Nan

Kamis, 18 September 2014

TUGAS ANIMASI 2D KEGIATAN 10



saol
1. Jelaskan apa yang dimaksud engan animasi komputer.
2. Jelaskan cara kerja pembuatan animasi komputer.

Jawaban
1.       Animasi komputer adalah Seni dan proses menghasilkan gambar bergerak dengan penggunaan komputer. Animasi computer merupakan bagian dari bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi computer secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
2.       Cara kerja animasi computer:
  •  Langkah 1, membuat dokumen baru
    • Dalam contoh ini, akan menggunakan GIMP untuk menghasilkan animasi GIF banner web yang sangat dasar. kita pilih template yang telah ditetapkan dari Web Banner 468x60 umum. Untuk animasi, Anda dapat memilih ukuran standar atau mengatur dimensi custom tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakan animasi akhir Anda .
  •   Langkah 2, Set frame 1
    • Kita mulai animasi dengan ruang kosong sehingga kita tidak membuat perubahan apapun pada layer Background yang sebenarnya yang sudah putih polos. Namun kita perlu membuat perubahan ke nama layer di palet Layers. Klik kanan pada layer Background di palet dan pilih Edit Layer Atribut. Dalam dialog Edit Layer Atribut yang terbuka, kita tambahkan (250ms) di akhir nama layer. Ini mengatur jumlah waktu yang frame ini akan ditampilkan dalam animasi. Ms singkatan mili second dan setiap milidetik adalah seperseribu detik. Frame pertama ini akan menampilkan untuk seperempat detik.
  •   Langkah 3, Set Frame 2
    • Saya ingin menggunakan grafis/ gambar foot print (nantinya anda bisa menggunakan grafik apapun) untuk frame ini jadi kita masuk ke File> Open as Layers dan pilih file grafik foot print tersebut . Ini menempatkan Footprint pada layer baru yang dapat saya posisikan sesuai kebutuhan dengan menggunakan Move Tool. Seperti dengan layer background, saya harus mengubah nama layer untuk menetapkan waktu tampilan untuk framenya. Dalam hal ini penulis telah memilih 750ms.
  •   Langkah 4,Set frame 3, 4 dan 5
    • Tiga frame berikutnya banyak lagi jejak kaki yang akan berjalan di banner. Ini dimasukkan dengan cara yang sama seperti frame dua, menggunakan grafis/ gambar yang sama dan grafis/ gambar lain untuk kaki yang lain. Seperti sebelum waktu ditetapkan sebagai 750ms untuk setiap frame. Masing-masing layer Footprint memerlukan latar belakang putih sehingga hanya satu frame yang akan terlihat - saat ini masing-masing memiliki latar belakang transparan. kita bisa melakukan ini dengan membuat layer baru langsung di bawah layer Footprint, mengisi new layer dengan warna putih dan kemudian mengklik tepat pada layer Footprint dan klik Merge Down.
  •   Langkah 5, Set frame 6
    • Frame ini hanya frame kosong yang diisi dengan warna putih yang akan memberikan tampilan footprint final menghilang sebelum frame akhir muncul. kita namakan layer ini Interval dan telah memilih kita set display ini hanya 250ms.
  •   Langkah 6, Setting frame 7
    • Sebelum menyimpan animasi GIF, GIMP memiliki pilihan untuk melakukan preview dengan masuk ke Filter> Animation> Playback. Ini akan membuka dialog Preview dengan tombol self explainatory untuk memutar animasi. Jika ada sesuatu yang tidak beres, dapat diubah pada titik ini. Jika tidak dapat disimpan sebagai sebuah animasi GIF.
  •   Langkah 7, Menyimpan animasi GIF
    • Menyimpan sebuah animasi GIF adalah latihan ke depan cukup lurus. Pertama pergi ke File> Save a Copy dan memberikan file nama yang relevan dan pilih di mana Anda ingin menyimpan file Anda. Sebelum menekan Save, klik Select File Type (Dengan Ekstensi) ke arah kiri bawah dan, dari daftar yang terbuka, pilih GIF image. Dalam dialog Export file yang terbuka, klik radio button Save as Animation dan klik tombol Export.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar