Soal
1. Jelaskan fungsi lightbox ?
2. Jelaskan apa yang perlu
diperhatikan dalam cara menggambar animasi pada tahap Inbetweening?
Jawaban
1. Lightbox
ini juga digunakan untuk membuat gambar sisip atau inbetween diantara gambar kunci
2.
Tahap pada Inbetweening:
1. “Pikirkan Bentuknya dan bukan
garis!” – Ini tidak berarti bahwa kualitas garis tidak penting! Ini berarti
bahwa ketika kita membuat garis harus memikirkan diri kita sedang mematung
sebuah bentuk dengan garis yang bersih, sederhana dan konsisten. Menggunakan
garis yang baik dan halus akan membantu untuk menghindari kesan “ragu-ragu”
atau “garis yang muncul” di sekitar gambar.
2. Penggunaan Pensil yang tepat – Sebuah pensil 0,2 atau 0,3
lebih baik. Mulailah dengan pensil HB, jika garis Anda terlalu terang. Cobalah
B, jika itu adalah untuk “garis-garis” berat atau coba H atau 2B.
3. Garis Samar (Lazy Line) – sering terlihat di
tracebacks dan akan membuat gambar yang dibangun terasa datar. Gunakan dua
lampu atas dan bawah untuk membantu menghindari munculnya garis ini.
4. Hubungkan semua garis! – Warna akan benar-benar bocor
keluar saat digunakan tinta digital dalam pewarnaannya. Penambahan tinta dan
cat digital akan menjadi lebih mudah dengan memeriksa terlebih dahulu gambar
dari garis yang terpisah.
5. Garis Lurus versus Lengkung –
Gunakan garis lurus untuk kesan ketegangan, kekuatan, daerah keras seperti
lutut, betis dan siku. Gunakan garis lengkung
untuk kesan kendur dan kelembutan. Buatlah garis sedemikian rupa sehingga
tampak alami.
6. Garis
yang bervariasi – Jika sudah menguasai beragam garis yang konsisten, maka harus
mencoba untuk sedikit menegaskan/menggelapkan garis pada benda-benda yang
paling dekat untuk mengesankan mereka berada lebih di depan dan sedikit
mengaburkan garis pada benda-benda yang jauh untuk memberikan kesan jauh atau
sangat jauh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar