- Beranda
- profil
- Animasi 2D
- Teks Formatif 1
- Teks Formatif 2
- Test Formatif 3
- Teks Formatif 4
- Teks Formatif 5
- Teks Formatif 6
- Teks Formatif 7
- Teks Formatif 8
- Teks Formatif 9
- Teks Formatif 10
- Teks Formatif 11
- Teks Formatif 12
- Teks Formatif 13
- Teks Formatif 14
- Teks Formatif 15
- Teks Formatif 16
- Teks Formatif 17
- Teks Formatif 18
- Teks Formatif 19
- Teks Formatif 20
- Desain Multimedia
- Teks Formatif 1
- Teks Formatif 2
- Teks Formatif 3
- Teks Formatif 4
- Teks Formatif 5
- Teks Formatif 6
- Teks Formatif 7
- Teks Formatif 8
- Teks Formatif 9
- Teks Formatif 10
- Teks Formatif 11
- Teks Formatif 12
- Teks Formatif 13
- Teks Formatif 14
- Teks Formatif 15
- Teks Formatif 16
- Teks Formatif 17
- Teks Formatif 18
- Teks Formatif 19
- Teks Formatif 20
- Perangkat keras
- Perangkat Lunak
- Animasi 3D
- Sistem Komputer
Sub Menun Nan
Senin, 20 Oktober 2014
Pengertian Animasi
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
Pengertian Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi definisikan sebagai berikut :
“Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” ( Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn, California, 2002)
Yang artinya kurang lebih adalah :
“Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
a. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
b. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.
Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Dengan diintergrasikan ke media lain seperti video, presentasi, atau sebagai bahan ajar tersendiri animasi cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang secara langsung sulit dihadirkan di kelas atau disampaikan dalam bentuk buku. Sebagai misal proses bekerjanya mesin mobil atau proses terjadinya tsunami.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar