Soal
1.
Jelaskan definisi istilah animasi menurut Ibiz Fernandes dan uraikan alasanya
kenapa disebut animasi
2.
Jelaskan pengertian dari animasi tradisional dan sebutkan ciri cirinya
3. Sebutkan dua tipe animasi
tradisional yang kalian ketahui dan jelaskan dan berikan contoh filmnya
4. Sebutkan dan jelaskan jenis jenis animasi tradisional
sesuai urutan perkembanganya
5. Jelaskan cara kerja cel animasi
6. Jelaskan tahapan-tahapan secara umum dalam proses
pembuatan animasi tardisional
7. Jelaskan
istilah istilah animasi berikut ini :
- Keyframe
- Inbetween
- Clean up
- Scanning
Jawaban
1. Menurut Ibiz Fernandes animasi definisikan sebagai
berikut: “Animation is the process of recording and playing back a sequence of
stills to achieve the illusion of continues motion.” Artinya kurang lebih
adalah: “Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian
gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti
harfiah, animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu
yang tidak bisa bergerak sendiri.
2. Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling
umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan
tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat aniamsi
pertama kali dikembangkan.Untuk menciptakan ilusi gerakan, setiap gambar harus
sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Caranya dengan menjiplak gambar yang
dibuat animator di kertas transparan yang disebut cels. Kemudian gambarnya diisi
dengan cat dalam warna yang berbeda dan juga warna shading yang beda. Nanti
gambar karakter yang sudah di gambar di cel, di foto satu persatu dalam filem
yang latar belakangnya sudah di cat. Tradisional animasi juga sering disebut cel
animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent
yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan.
Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu
di atas cel.
3.
4.Jenis jenis Animasi Tradisional meliputi:
a.
Zoetrope (180 AD; 1834)
Zoetrope
adalah perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak. Awal Zoetrope dasar
diciptakan di China sekitar 180 Masehi oleh penemu Ting Huan produktif. Terbuat
dari kertas tembus atau panel mika, Huan tergantung perangkat di atas lampu.
Udara berubah naik baling-baling di bagian atas dari yang tergantung gambar
dilukis di panel akan muncul untuk bergerak jika perangkat berputar pada
kecepatan yang tepat.
Para
zoetrope modern diproduksi pada tahun 1834 oleh William George Horner.
Perangkat dasarnya adalah sebuah silinder dengan celah vertikal di sekitar
sisi. Sekitar tepi bagian dalam dari silinder ada serangkaian gambar di sisi
berlawanan dengan celah. Sebagai silinder diputar, pengguna kemudian terlihat
melalui celah untuk melihat ilusi gerak. Zoetrope ini masih digunakan dalam
program animasi untuk menggambarkan konsep awal animasi.
b. Lentera Ajaib
Lentera ajaib adalah pendahulu dari proyektor modern. Ini
terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana. Bila disatukan dalam
sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul lebih besar pada permukaan yang datar.
Athanasius Kircher berbicara tentang hal ini berasal dari Cina pada abad ke-16.
Beberapa slide untuk lentera berisi bagian-bagian yang bisa digerakkan secara
mekanis untuk menyajikan gerakan terbatas di layar.
c. Thaumatrope (1824)
Thaumatrope Sebuah mainan sederhana yang digunakan di era
Victoria. Thaumatrope adalah disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar
yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang string
berjalan melalui pusat. Ketika string adalah memutar-mutar cepat antara jari,
dua gambar muncul untuk bergabung menjadi
satu gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, kemampuan otak untuk
terus merasakan gambar.
d.
Phenakistoscope (1831)
Sebuah
disk phenakistoscope oleh Eadweard Muybridge (1893). Phenakistoscope adalah
perangkat animasi awal, pendahulu dari zoetrope tersebut. Ini diciptakan pada
tahun 1831 bersamaan dengan Belgia dan Joseph Plateau Simon von Stampfer
Austria.
e.
Buku Flip (1868)
Buku
Flip pertama dipatenkan pada 1868 oleh John Barnes Linnet. Buku sandal itu lagi
pembangunan yang membawa kita lebih dekat dengan animasi modern. Seperti
zoetrope, Kitab flip menciptakan ilusi gerak. Satu set gambar berurutan
membalik pada kecepatan tinggi menciptakan efek ini. Para Mutoscope (1894) pada
dasarnya adalah sebuah buku flip dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol
untuk membalik halaman.
f.
Praxinoscope (1877)
Para
praxinoscope, ditemukan oleh ilmuwan Perancis Charles – Émile Reynaud,
merupakan versi lebih canggih dari zoetrope tersebut. Ini digunakan mekanisme
dasar yang sama strip gambar ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar,
tapi bukannya melihat melalui celah, itu dilihat dalam serangkaian kecil,
cermin stasioner di sekitar bagian dalam silinder, sehingga animasi akan
tinggal di tempat, dan memberikan gambar lebih jelas dan kualitas yang lebih
baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang lebih besar dari praxinoscope yang
dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang disebut Optique Théâtre
5. cara kerja cel animasi:
Cel animasi mengacu kembali ke cara Tradisional
animasi dalam satu set gambar tangan. Dalam proses animasi, gambar banyak
diciptakan yang sedikit berbeda tetapi progresif di alam, untuk menggambarkan
tindakan-tindakan tertentu. Telusuri gambar pada lembar yang jelas. Lembar
jelas adalah dikenal sebagai cel dan merupakan media untuk menggambar frame.
Sekarang menggambar garis besar untuk foto-foto dan pewarnaan mereka pada
kembali dari cel tersebut. Cel merupakan metode yang efektif yang membantu
untuk menghemat banyak waktu dengan menggabungkan karakter dan latar belakang.
Ini juga memungkinkan untuk menempatkan gambar-gambar sebelumnya di atas latar
belakang lain atau cels setiap saat diperlukan. Di sini, Anda tidak
perlu menggambar gambar yang identik lagi karena memiliki kemampuan menyimpan
animasi sebelumnya yang dapat dimanfaatkan bila diperlukan.
6. Tahapan
Proses Pembuatan Animasi :
- Pra produksi Adalah tahapan sebelum produksi. Disini semua hal yang berkaitan dengan proses pembuatan karya animasi disiapkan. seperti membuat team, membuat cerita, membuat naskah, membuat storyboard, exposure sheet, membuat animatic, merekam suara, membuat desain tokoh, merancang warna mood, dan seterusnya
- Produksi
adalah tahapan dimulainya proses membuat karya
animasi. Pada tahap ini dibagi menjadi beberapa divisi. Keyframe.
Bertugas membuat gambar atau gerakan kunci, Inbetween. bertugas
meneruskan gambar dan gerakan yang sudah dibuat oleh keyframer, Pencil test.
gambar yang masih kasar dan belum sempurna tadi akan dilihat dulu hasilnya,
dengan cara di scan dan kemudian di atur dengan software lalu
ditayangkan/preview, Cleanup. membersihkan garis gambar sehingga rapi
dan enak dilihat, Scan. memindai gambar kedalam computer, Color.
mewarnai gambar dengan menggunakan software, Finishing. memperbaiki
timing animasi dan penyempurnaan. Misalnya menambahkan efek gambar, dll,dan Render.
Project yang sudah selesai lantas di simpan dalam bentuk file movie.
- Pasca produksi
Adalah
bagian terakhir dari rangkaian proses pembuatan karya animasi.
Disini karya animasi tadi akan dipoles dan diedit
sehingga menjadi sebuah karya utuh yang enak dilihat.
7. Istilah-istilah dari:
- Keyframe. Bertugas membuat gambar atau gerakan kunci.
- Inbetween. bertugas meneruskan gambar dan gerakan yang sudah dibuat oleh keyframer.
- Cleanup. membersihkan garis gambar sehingga rapi dan enak dilihat.
- Scan. memindai gambar kedalam computer.
Thanks Jawabannya bermanfaat banget buat Ngejawab semua tugas sekolah hehehe
BalasHapusmakasih sudah membantu
BalasHapusGuru saya bikin soal uts dari sini lo wkwkwkwk
BalasHapusNo 3 mana?
BalasHapusNomor 3 nya mana ya ka?
BalasHapus